Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Eric Djemba-Djemba, Eks Pemain Manchester United hingga Persebaya Surabaya : Okezone Bola

March 26, 2022

PELAJARAN hidup yang bisa diambil dari Eric Djemba-Djemba menarik dikulik. Sebab, sosok Eric Djemba-Djemba sendiri tersohor di dunia sepakbola. Dia merupakan eks gelandang Manchester United yang juga pernah membela klub Indonesia, Persebaya Surabaya.

Eks pemain internasional Kamerun tersebut pernah menyita perhatian besar publik karena transfernya di musim panas 2003. Kala itu, klub sebesar Man United secara mengejutkan mengakuisisinya lewat banderol 3,5 juta poundsterling dari klub Prancis, Nantes.

Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Eric Djemba-Djemba

Kabar ini pun langsung membuat publik sepakbola gempar. Manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson, menjadi aktor di balik transfer tersebut.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Kaya Raya yang Jatuh Miskin, Nomor 1 dan 2 Pernah Main di Indonesia

Ferguson ternyata sudah mengamati Eric Djemba-Djemba sejak lama. Hijrah di usia 22 tahun, Eric Djemba-Djemba awalnya diproyeksikan sebagai penerus kapten The Red Devils -julukan Man United, yakni Roy Keane, karena semakin menua.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Top Dunia yang Gagal Menggila di Liga Indonesia, Nomor 1 Pernah Bela Chelsea

Eric Djemba-Djemba bersaing dengan Kleberson, gelandang tengah anyar lainnya yang didatangkan pada musim itu. Sayangnya, insting Sir Alex kali ini meleset. Sebab, berada di Old Trafford selama 1,5 musim, Djemba-Djemba tampak begitu buruk baik secara teknis maupun mental.

Dia kerap kali mengalami kegagalan akibat kualitasnya yang dinilai kurang memadai. Kariernya pun terus mengalami penurunan. Djemba-Djemba pun akhirnya kerap berpindah-pindah klub di berbagai belahan dunia, nyaris sekali setiap tahun.

Dari Man United, dia hijrah ke Aston Villa, Burnley, Qatar SC, Odense Boldklub, Hapoel Tel Aviv, Partizan Belgrade, St Mirren, hingga ke India bersama Chennaiyin. Bahkan, pada 2015, anggota Timnas Kamerun di Piala Dunia 2002 ini sempat dikontrak klub besar Indonesia, Persebaya Surabaya.

BACA JUGA  Munadi Herlambang: Jasa Raharja Kolaborasi dengan NU untuk Kampanye Keselamatan : Okezone News

Djemba-Djemba kemudian pindah ke Swiss untuk merumput dengan tim divisi lima, FC Vallorbe-Ballaigues. Menanggapi perjalanan kariernya yang menurun begitu dalam dan cepat, Djemba-Djemba pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Eric Djemba-Djemba

Dalam keterangannya, meski ada penyesalan, ia mengaku tetap bangga pernah membela Man United. Pada pertengahan 2021, Djemba-Djemba secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola pada usia 40 tahun.

Dari sini, ada pelajaran hidup yang bisa diambil dari Eric Djemba-Djemba. Salah satunya tentu tetap merasa bangga dengan perjuangan yang telah dilakukan, meski tak selalu manis.

Source Link >>> Click Here