Diserang Rudal, Begini Nasib F1 GP Arab Saudi 2022

March 26, 2022

JEDDAH, iNews.id – F1 GP Arab Saudi 2022 sempat terganggu akibat rudal. Namun balapan di Sirkuit Corniche Jeddah itu tetap akan berlangsung sesuai jadwal, Senin (28/3/2022) dini hari WIB.

Sebuah misil dijatuhkan kelompok Houthi Yaman di Jeddah pada Sabtu (26/3/2022) waktu setempat. Itu hanya berjarak 20 kilometer dari Sirkuit Corniche Jeddah.

Akibatnya latihan bebas pertama menjadi terganggu. Free practice kedua juga mengalami penjadwalan ulang dan molor 15 menit. Tapi untungnya agenda tetap berlangsung dan selesai dengan aman.

Sempat muncul spekulasi GP Arab Saudi batal. Tapi CEO F1, Stefano Domenicali dan Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem sepakat untuk tetap menggelar balapan di tengah ancaman serangan rudal. 

“Bagaimanapun situasinya, keselamatan harus dijamin. Mereka (pejabat Saudi) di sini dengan keluarga mereka. Jadi mereka memiliki semua sistem untuk melindungi daerah ini, kota, tempat-tempat yang kita tuju,” kata Domenicali dilansir ESPN, Sabtu (26/3/2022).

“Jadi kami merasa percaya diri dan kami harus mempercayai otoritas lokal dalam hal itu. Karena itu, tentu saja kami akan melanjutkan acara (balapan) ini,” sambungnya.

“Kami memeriksa fakta dari mereka dan kami mendapat jaminan dari tingkat tinggi bahwa ini adalah tempat yang aman, semuanya akan aman dan mari kita balapan,” Ben Sulayem menambahkan.

GP Arab Saudi 2022 merupakan seri kedua F1 musim ini. Sebelumnya ajang balapan jet darat digelar di Bahrain. Pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc naik podium teratas.

Editor : Reynaldi Hermawan


Source Link >>> Click Here

BACA JUGA  Pemprov Jabar apresiasi atletnya yang berlaga di Peparnas Papua